5 Kiat Pilih Jurusan Favorit di SBMPTN 2019

  • Whatsapp

Setelah menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) 2019 yang dilaksanakan dua gelombang pada April dan Mei lalu, selanjutnya para peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019.
Pendaftaran SBMPTN 2019 akan dilakukan pada 10-24 Juni 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada 9 Juli 2019.
Para peserta SBMPTN pastinya akan memilih jurusan di PTN favorit masing-masing. Namun, keterbatasan daya tampung dan ketatnya persaingan masuk PTN membuat “pejuang SBMPTN” harus mengatur strategi dan memikirkan cara terbaik untuk bisa lolos SBMPTN.
Terkait hal itu, berikut 5 kiat berikut yang bisa dilakukan agar bisa diterima di jurusan impian:

  1. Yakin dengan pilihan Peserta SBMPTN harus yakin jurusan yang dipilih sudah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan diri. Mintalah saran dan rekomendasi dari orang terdekat atau bila perlu berkonsultasi dengan tenaga profesional yang bisa dipercaya. Baca juga: Menunggu Hasil SBMPTN 2019, Lakukan 4 Hal Ini Perlu diingat, pertimbangan mereka hanya bersifat sebagai masukan. Keputusan menentukan pilihan tetap berada di tangan masing-masing. Kesampingkan perasaan gengsi dan ikut-ikutan dengan teman. Sebab, saat nanti diterima di jurusan favorit itu, calon mahasiswa sendiri yang akan menjalani dan berjuang menyelesaikan hingga akhir studi.
  2. Skor tinggi Pastikan calon mahasiswa memiliki bekal berupa skor cukup untuk bisa lolos di SBMPTN tahun ini. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai jumlah skor minimal dibutuhkan. Informasi didapat dari berbagai situs resmi pemerintah dan penjelasan sejumlah sumber yang banyak beredar di internet. Harap berhati-hati dalam menyaring informasi, perhatikan isi dan keterangan dan pastikan itu bisa dipercaya.
  3. Tentukan prioritas Sudah umum diketahui jurusan yang menjadi pilihan pertama merupakan akan menjadi prioritas penentu. Adapun pilihan kedua menjadi alternatif namun tetap harus dipilih sesuai kemampuan. Untuk itu, sadari kembali dan benar-benar pikirkan secara matang dalam menentukan pilihan jurusan agar bisa diterima di SBMPTN tahun ini.
  4. Jangan asal pilih Salah satu cara biasa dilakukan peserta supaya bisa lolos SBMPTN yaitu memilih jurusan peminat sedikit sehingga persaingan tidak begitu ketat. Bisa saja itu dterapkan, tetapi jangan asal menentukan pilihan. Pastikan pilihan itu tetap sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing agar saat menjalani kuliahnya nanti tidak menjadi beban karena tidak suka dengan jurusan tersebut.
  5. Ada alternatif lain Tidak perlu berlama-lama kecewa jika nanti tidak diterima di jurusan PTN yang dipilih meski sudah melakukan persiapan sebaik mungkin. Masih ada alternatif lain melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Calon mahasiswa bisa mengambil jalur seleksi mandiri atau memilih jurusan sama di PTN atau perguruan tinggi swasta ( PTS). Selain PTN jalur mandiri, banyak juga PTS di Indonesia menyediakan berbagai jurusan favorit dengan kualitas tidak kalah dari PTN dari sisi mutu pendidikan maupun peluang kerja di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *