Aktif di Kampus? Ini 5 Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

  • Whatsapp
Organisasi kampus di bangku kuliah memang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya. Mulai dari pengalaman rapat, mengadakan program kerja, dan seluruh kegiatan yang harus melibatkan para aktivis kampus ini. Banyak suka dan duka yang dialami oleh para aktivis kampus ini, mulai dari banyak kenalan di dalam kampus maupun di luar kampus, dapat berbagi informasi dan tips bersama senior, pulang rapat malam, dan selalu dikejar target.

Mengikuti organisasi kampus ini bisa dikatakan sangat seru apabila kita menikmatinya. Saking serunya, terkadang kita tidak dapat membagi waktu kita dengan kuliah. Lantas bagaimana kita seharusnya membagi waktu antara kuliah dan organisasi?

1. Tentukan prioritas utama kamu

Saat kamu ingin memulai berorganisasi di bangku kuliah, hal pertama yang kamu lakukan adalah tentukan prioritas kamu. Putuskan mana yang lebih penting, kuliah atau organisasi. Tentunya kamu harus memilih kuliah karena tujuan utama kamu datang ke kampus adalah kuliah dan mendapatkan ilmu. Tentu, di organisasi juga banyak pelajaran yang dapat diambil, tetapi kamu tetap harus fokus dengan kuliah kamu agar mencapai tujuan yang kamu impikan selama ini.

2. Manfaatkan waktu yang ada

Di saat kamu mengikuti organisasi baik di dalam maupun di luar kampus, kamu akan dihadapkan dengan pilihan mengerjakan tugas kuliah atau pergi mengikuti rapat saat rapat organisasi berlangsung. Kamu mungkin dapat memilih keduanya jika kamu dapat memanfaatkan waktu luang kamu untuk mengerjakan tugas kuliah. Jadi, saat rapat berlangsung, kamu tidak perlu pusing memikirkan apakah tugasmu sudah selesai atau tidak.

3. Buat to-do-list apa yang perlu dikerjakan selanjutnya

Buat kamu yang selalu bingung ingin mengerjakan apa terlebih dahulu, buatlah memo kecil untuk mengingatkanmu apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Dengan begitu jadwal kamu akan lebih teratur dan dapat terselesaikan dengan baik satu persatu, baik itu tugas kuliah maupun tugas di organisasi.

4. Disiplin

Disiplin adalah kunci utama keberhasilan, termasuk buat kamu yang ingin membagi waktu antara kuliah dan organiasi. Disiplinlah pada tujuan kamu, sehingga antara kuliah dan organisasi dapat berjalan dengan seimbang.

5. Istirahatlah pada waktunya

Saat kamu lelah akan tugasmu baik di perkuliahan maupun organisasi, beristirahat. Kamu bisa melakoni me time seperti jalan-jalan, pergi bersama teman, dan lain-lain. Pastikan kamu mengambil istirahat yang cukup karena kamu bukan robot. Jika istirahatmu cukup, kamu akan lebih bertenaga dalam menghadapi tugas kuliahmu maupun organisasi.

Itu tadi beberapa tips yang dapat kamu ikuti jika kamu sibuk kuliah sekaligus berorganisasi. Dengan begitu, kamu dapat menekuni keduanya secara optimal.


*sumber : https://www.idntimes.com/life/relationship/puti-gita/tips-membagi-waktu-antara-kuliah-dan-organisasi-c1c2/full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *