Anies Baswedan: Masa Kuliah Saatnya Mahasiswa Gembleng Diri

0
46
Jenjang pendidikan di perguruan tinggi merupakan salah satu gerbang seseorang memasuki dunia profesional. Untuk itu, kuliah sering disebut sebagai masa emas lantaran kerap dimanfaatkan mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengungkapkan, masa menjadi mahasiswa harus dimanfaatkan untuk menggembleng diri. Dia pun mengimbau para mahasiswa untuk aktif di dalam kelas maupun organisasi di luar kelas.

“Belajar tidak hanya didapat dari buku, melainkan juga melalui proses berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal itulah yang menyiapkan diri mahasiswa untuk menghadapi dunia yang lebih luas setelah masa perkuliahan,” 

Sebagai penggiat pendidikan, ayah empat anak ini termasuk aktivis kampus semasa mahasiswa. Dia pun mengaku sering kebingungan dalam mengatur waktu lantaran terlalu banyak kegiatan yang diikuti.

“Bersyukurlah jika waktu kalian tersita untuk terlibat dalam organisasi-organisasi positif. Justru jika waktu banyak yang senggang, bisa jadi malapetaka sudah menunggu di depan,” ucapnya.

Anies juga menambahkan, keikutsertaan dalam organisasi kampus jangan hanya untuk mengisi kesibukan semata, tetapi juga untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.

“Kepemimpinan tumbuhkan, begitu juga entrepreneurship. Kemampuan komunikasi dan kreatifitas ditumbuhkan. Ruang untuk melakukan penumbuhan itu semua ada di kampus,” tukasnya.

*Sumber : OkeZone