Daripada Sekedar Lulus Dengan IPK Tinggi, Lebih Baik Kamu Kembangkan 10 Kemampuan Ini

0
57
Banyak mahasiswa semasa kuliah berlomba-lomba meraih indeks prestasi kumulatif tinggi dengan maksud agar mudah memperoleh pekerjaan. Walau pertimbangan ini ada benarnya mengingat biasanya kualifikasi penerimaan karyawan menetapkan batas nilai tertentu, tapi sayangnya hal ini gak mutlak bikin kamu sukses loh di dunia kerja.

Kira-kira, kenapa yah hal tersebut bisa terjadi:

1. Perusahaan membutuhkan karyawan yang mampu mengkomunikasikan idenya. Setinggi apapun nilaimu, jika tidak bisa melakukan ini maka semuanya akan sia-sia.

2. Terkadang ada orang dengan otak brilian yang sulit mengendalikan emosinya. Padahal tantangan kerja yang berat membuat pekerja harus memiliki kemampuan kontrol diri.

3. Dalam dunia kerja kamu juga dituntut untuk bisa melakukan presentasi diri. Sejak proses wawancara misalnya, dirimu harus bisa meyakinkan pemberi kerja bahwa kamu adalah kandidat yang mereka cari.

4. Kemampuan memimpin juga kamu butuhkan untuk sukses dalam dunia kerja. Sayangnya nilai yang tinggi tidak menjaminmu memiliki ini semua.

5. Banyak orang pintar yang sulit mendapat kerja karena kurang memiliki motivasi memperbaiki diri. Dengan nilai tinggi, mereka merasa sudah mempunyai modal cukup. Padahal masuknya kamu ke dunia kerja tidak menandakan proses belajar terhenti.

6. Nilai yang tinggi juga tak menjaminmu bisa menyelesaikan masalah di lapangan. Karenanya kamu harus terus belajar untuk dapat memiliki kemampuan ini.

7. Memiliki nilai tinggi boleh saja membuat bangga. Namun bila tidak mempunyai kemampuan menangani konflik, setinggi apapun nilai yang dipunya sulit berguna.

8. Ada banyak pula orang ber-IPK tinggi yang sulit bila disuruh bekerja dalam sebuah tim. Padahal untuk memajukan perusahaan diperlukan kebiasaan untuk berkolaborasi dengan banyak orang.

9. Perusahaan saat ini lebih mencari pekerja yang siap pakai. Maka dari itu daripada hanya mengejar nilai tinggi, alangkah baiknya kalau kamu mencari pengalaman kerja sebanyak-banyaknya.

10. Kemauan dan kemampuan untuk bekerja keras sesungguhnya adalah hal yang dicari perusahaan dari karyawannya. Tanpa dua modal ini, setinggi apapun nilaimu maka semuanya akan percuma.

Buat kamu yang belum lulus, lakukan dari sekarang. Supaya nanti waktu kamu mencari kerja, kamu nggak kebingungan.

*Sumber : idmtimes