Kembangkan Bidang Olahraga, Dispora Kepri Gandeng UNP. Ini Program Tahun Depan

0
128

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri terus meningkatkan kemajuan olahraga di Kepri.

Langkah yang ditempuh antara lain menggandeng perguruan tinggi yang menaruh perhatian besar pada bidang olahraga.

Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi perguruan tinggi tujuan kerja sama Pemprov Kepri ini.

Tindak lanjut kerja sama itu terlihat dari kehadiran Wakil Dekan II FIK UNP Doktor Alnedral dan Ketua Jurusan Kepelatihan FIK UNP Doktor Umar di Kantor Dispora Kepri.

Dalam pertemuan itu, Alnedral mengatakan kedatangan mereka bertujuan untuk menindaklanjuti kerja sama antara Gubernur Kepri dengan UNP. Kerja sama tersebut secara khusus difokuskan pada bidang olahraga.

“Ada beberapa fakultas di UNP. Nah, kerja sama itu dijalin dengan Fakultas Keolahragaan,” terang Alnedral kepada TRIBUNBATAM.id, Jumat (21/12/2018).

Dia menjelaskan, secara teknis kerja sama itu menyasar pada bagian kepelatihan, pemberdayaan masyarakat terhadap olahraga dan pendidikan keolahragaan. Pemprov Kepri dan UNP akan berkolaborasi dalam mengembangkan bagian-bagian tersebut.

Kerja sama semacam ini sudah coba dibangun UNP dengan beberapa pemerintah daerah, semisal Pemprov Riau dan Jambi. Bahkan sejumlah negara pun sudah menjalin kerja sama serupa dengan UNP, antara lain Malaysia, Vietnam dan Filipina.

Kepala Dispora Kepri Mafrizon begitu optimis pada kerja sama tersebut. Dia sendiri mengakui setelah terbentuk 2007 lalu, Dispora Kepri langsung menggandeng perguruan tinggi untuk pengembangan olahraga.

“Alhamdulillah, pada 2008, Kepri langsung keluar sebagai juara umum pekan olahraga wilayah (Porwil),” terang Mafrizon.

Atas dasar itu maka Pemprov Kepri terus menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan delapan cabang olahraga yang masuk Porwil. Mafrizon mengatakan, kerja sama awal dilakukan melalui pelatihan wasit. Sebab, tenaga wasit di Kepri dinilai belum memadai.

“Kadang mantan atlet langsung naik menjadi pelatih. Itu tidak bisa. Makanya kami akan menggelar pelatihan wasit pada 2019 nanti,” ungkap Mafrizon.

Sumber : Tribun Batam