Kemristekdikti Kucurkan Rp250 M untuk Beasiswa Dosen

0
54
INFOUNP – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyediakan beasiswa bagi 2.700 dosen se-Indonesia. Total beasiswa yang disediakan tahun ini mencapai Rp250 miliar.

Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, Kemristekdikti Ali Ghufron Mukti mengatakan, dari 2.700 dosen tersebut, 2.300 orang di antaranya meneruskan pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri. Kemudian 400 dosen lainnya meneruskan studi ke perguruan tinggi luar negeri.

Beasiswa ini, kata Ghufron, diiberikan untuk meng-upgrade kualitas dosen di Indonesia. Pasalnya, dosen di Tanah Air harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal S-2.

“Kami berharap, seluruh dosen di Indonesia memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan pendidikan mereka,” ujar Ghufron, Selasa (19/4/2016).

Dia menyebut, saat ini ada 280 ribu dosen di Indonesia. Sementara, yang masih berpendidikan S-1 mencapai 56 ribu orang. Ke depan, dosen yang masih berpendidikan S-1 tidak diperbolehkan untuk mengajar dan hanya diperbolehkan menjadi staf di kampus tersebut.

Dalam program beasiswa tersebut, para dosen bebas memilih kampus tujuan studi. Syaratnya, kampus tersebut minimal memiliki akreditasi B. Sedangkan usia maksimal dosen yang dapat melamar beasiswa adalah 47 tahun.

Selain kuota beasiswa bagi 2.700 dosen tersebut, Kemristekdikti juga melakukan kerjasama dengan sejumlah lembaga untuk mendapatkan beasiswa bagi dosen lainnya. “Untuk program ini, ada jatah 300 dosen yang diberikan kesempatan untuk meneruskan jenjang pendidikan hingga S-3,” jelasnya.

Belum lagi, ada tambahan insentif bagi dosen yang telah menerbitkan jurnal di tingkat internasional. Besar insentif mulai dari Rp50 juta hingga Rp100 juta, tergantung dari kualitas jurnal yang diterbitkan.

Sumber : OkeZone