Mahasiswa Libur, Warung Banyak Tutup

0
47
Sejumlah warung di Air Tawar Barat Padang masih banyak yang tutup setelah usai libur Lebaran.Hal ini terjadi  karena mahasiswa masih dalam suasana libur kuliah dan warga yang masih berada di kam­pung halaman.

Warung yang banyak tutup ialah pedagang makanan seperti warung nasi, sambal, dan penjual gorengan.Sedangkan yang masih tetap beroperasi adalah toko fotocopy, toko grosiran dan beberapa pedagang kaki lima serta pe­dagang keliling.Eti, salah seorang pedagang ma­kanan mengatakan bahwa ia sengaja menutup warungnya karena masih sepi pembeli.

“Pernah saya berjualan beberapa hari, namun hanya sedikit yang laku terjual,” ucap Eti.Ia menjelaskan bahwa sambal yang ia jual masih banyak tersisa dan bahkan ada yang sudah tidak layak untuk di konsumsi lagi. Ia terpaksa membuang makanan tersebut.

Hal yang serupa juga dirasakan Mir­da (34), warungnya masih sepi pembeli sejak libur lebaran. Ia me­ngatakan, biasanya pelanggan yang sering mem­beli maka­nannya adalah mahasiswa.

“Sekarang kebanyakan ma­hasis­wa libur dan hanya mahasiswa yang mengambil semester pendeklah yang masih di Padang,” kata Mirda men­jelaskan.

Firdana, pemilik Rios Mulitivita yang bergerak d bidang Fotocopy dan percetakan juga mengatakan hal yang sama. Ia me­nyampaikan bahwa jumlah pengunjung di tokonya sa­ngat jauh berkurang .Biasanya, ia dan karyawannya kewa­lahan melayani pelanggan. Tapi sekarang ia bisa lebih bersantai. Hanya ada satu atau dua orang yang datang selang beberapa jam.

Selain itu, ditambahkan juga oleh Randa (21), tokonya sengaja tidak ia tutup agar tidak terlalu berdebu dan tidak banyak komputer dan mesin printer yang rusak karena tidak digunakan.

“Meski hanya sedikit pengunjung yang datang, yang penting kami tetap buka agar tidak ada barang elektronik yang rusak,” kata Randa mengakhiri.

*Sumber : Haluan