Munas: Ganefri Ajak Alumni Berperan Majukan UNP

0
123
PADANG- Civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) baru saja usai melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas), dan Temu Kangen Alumni di Auditorium UNP, Selasa (19/6). Kegiatan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus penguatan alumni dengan pemilihan Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni (Iluni) UNP yang baru.
“Saat ini tercatat sekitar 250 ribu alumni UNP yang tersebar di seluruh Indonesia, sebanyak 1.770 orang mendaftar Munas dan Temu Alumni, namun yang baru hadir sekitar 900 orang lebih,” kata Rektor UNP, Prof.Ganefri,Ph.D saat itu.
Ia mengatakan, bahwa Munas dan Temu Kangen Alumni ini merupakan terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Adapun urgensi kegiatan ini, dikatakannya untuk membahas isu-isu terkini tentang pendidikan, sekaligus mencari solusi terbaik dalam rangka mewujudkan UNP menuju kampus bertaraf internasional.
Salah satu langkah mewujudkan visi dan misi UNP tersebut, kata Ganefri ialah dengan mengoptimalisasi peran alumni, salah satunya peran dalam rangka untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0.
“Kita berharap, semua alumni UNP terus mendukung UNP menuju kampus bertaraf internasional. Apalagi saat ini 34 program studi sudah terakreditasi “A”, dan 8 prodi sedang diajukan akreditasi internasional,” sebut Ganefri.
Sementara Ketua Iluni UNP periode 2018-2024 terpilih, Ali Mukhni mengatakan akan mengambil peran dalam mendorong UNP menjadi kampus terbaik di Indonesia. Selain itu, ia juga akan terus berupaya mendukung UNP menuju universitas bertaraf internasional, terutama ditingkat ASEAN.
Salah satu upaya yang tengah ia lakukan saat ini, ialah pengembangan kampus UNP di kawasan Tarok City Padangpariaman Sumatera Barat (Sumbar). Adapun peran yang ia lakukan sebagai alumni, sekaligus Bupati Padangpariaman saat ini ialah dengan menghibahkan 150 hektar untuk UNP.
“Kita telah menghibahkan 150 hektar tanah untuk pengembangan kampus UNP tanpa memungut sepeser pun dari pihak UNP,” sebut alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP ini.
Kemudian Ketua DPP Iluni UNP sebelumnya, Fauzi Bahar mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua DPP Iluni UNP yang baru. Ia berharap, dengan kepemimpinan yang baru ini, para alumni semakin berperan untuk memajukan kampus UNP kedepan.
“Kita menaruh harapan, semoga ke depan alumni UNP bisa membawa nama baik kampus, sekaligus sebagai wadah untuk menampung segala permasalahan alumni atau lulusan UNP, terutama dunia kerja,” kata mantan Walikota Padang ini. (why)