Tips Sukses Lewati Dua Semester Pertama Kuliah

0
800

Tahun pertama kuliah adalah satu periode kehidupan paling menarik, sekaligus paling menantang. Anda perlu cukup kuat untuk menyelesaikan dua semester pertama ini.

Di satu sisi, Anda tertekan karena meninggalkan kampung halaman atau rumah orang tua tercinta untuk hidup di kos atau asrama bersama teman-teman baru. Anda mulai berkomunikasi dengan orang-orang yang baru Anda kenal. Di sisi lain, Anda menjadi terbiasa dengan atmosfer baru, semakin menghargai waktu, dan menyukai kehidupan kampus ala mahasiswa perguruan tinggi.

Jangan membebani otak Anda dengan berbagai pertanyaan atau cerita ketakutan orang-orang yang pernah menjalani satu tahun pertama kuliah. Berikut adalah tips supaya sukses melewatinya, dilansir dari Womanitely, Kamis (27/7).

  1. Jangan takut keluar zona nyaman

Status mahasiswa baru membuat seseorang kadang malu atau enggan keluar dari zona nyamannya. Mereka seperti hidup di dalam kotak di mana kesehariannya hanya belajar di kamar dan di kelas.

Anda perlu keluar dari zona nyaman misalnya bertemu dengan teman-teman kampus di luar kelas dan di luar kamar. Anda harus percaya diri saat mengekspresikan diri. Kehidupan kampus yang aktif dan menyenangkan membuat Anda menyimpan banyak kenangan indah.

  • Jangan takut minta bantuan

Ada banyak informasi yang harus diketahui saat masuk ke kampus baru. Anda mungkin belum mengerti bagaimana cara mencari ruangan kelas, nama profesor yang mengajar, atau mengerjakan tugas kuliah dengan benar. Perguruan tinggi dipenuhi mahasiswa sebaya, senior, dan dosen. Mereka bisa membantu Anda saat membutuhkan bantuan.

  • Manajemen waktu

Manajemen waktu adalah keterampilan penting dalam kehidupan seorang mahasiswa. Kesuksesan Anda bergantung cara Anda mengelola waktu dan memanfaatkan waktu luang.

Salah satu cara terbaik memanajemen waktu setahun pertama adalah membuat jadwal. Ini akan membantu Anda menggapai semua tujuan. Anda perlu memprioritaskan mata kuliah atau pokok bahasan yang Anda minati, sembari mengembangkan keterampilan di mata kuliah lain.

  • Gunakan sumber daya kampus

Banyak mahasiswa mengeluh karena kurangnya literatur dan mahalnya harga buku teks kuliah. Mengapa tidak menggunakan sumber daya yang ada di kampus? Ada banyak database, laboratorium, dan perpustakaan yang bisa membantu Anda mendapatkan sumber-sumber pelajaran lebih luas. Jika Anda masih kesulitan mendapatkan informasi, gunakan e-book yang tersedia di perguruan tinggi. Informasi berlimpah di dalamnya membuat kemampuan dan pengalaman belajar mahasiswa semakin menyenangkan.

  • Tetapkan prioritas

Anda perlu meluangkan waktu untuk mengenal dan menyadari minat dan bakat. Pilih daftar jurusan dan mata kuliah yang ingin Anda perdalam. Anda berhak berganti jurusan jika memang dua semester pertama Anda merasa salah jurusan. Ini lebih baik sebab Anda akan menghabiskan beberapa tahun ke depan dengan jurusan yang sama di kampus. Jika Anda belum yakin dengan keputusan Anda, cobalah kunjungi beberapa kelas di jurusan berbeda untuk memahami keinginan Anda.

  • Mencari peluang

Setiap perguruan tinggi biasanya menyediakan sejumlah program beasiswa, kompetisi, pekerjaan paruh waktu di kampus. Plus, Anda bisa berkenalan dengan orang-orang yang siapa tahu membuat Anda sukses di masa depan. Pandai-pandai memanfaatkan peluang yang ada.

  • Belajar membuat skala prioritas

Salah satu hal tersulit dilakukan mahasiswa baru adalah memprioritaskan kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Anda perlu menemukan keseimbangan di berbagai aktivitas hidup yang dijalani sekarang. Anda akan kesulitan jika terlampau banyak mengikuti organisasi kampus pada waktu yang hampir bersamaan. Anda cukup memilih kegiatan luar kampus yang benar-benar Anda minati.

  • Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan

Jika Anda sudah pandai mengatur waktu, maka bergabunglah dengan organisasi kemahasiswaan. Kegiatan bersama organisasi kemahasiswaan adalah salah satu komponen penting dan kunci kesuksesan akademis di dalam dan di luar kampus. Anda bisa ikut organisasi sosial, atau olah raga yang bisa membantu Anda mengekspresikan diri. Anda juga bisa memperbanyak teman dari komunitas berbeda.

  • Nikmati kehidupan sebagai mahasiswa

Belajar di perguruan tinggi adalah masa sulit, namun ini periode terpenting yang akan membuat hidup Anda lebih berwarna. Selama Anda belajar tekun, sembari mengembangkan kepribadian, mental, fisik, dan sosial yang baik, maka Anda akan sukses. Anda bisa tetap bersenang-senang, jatuh cinta, dan menikmati empat tahun terhebat dalam hidup Anda.(Republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here