Universitas Negeri Padang Raih Penghargaan Terbaik 1 PTN BLU dalam Program, Kegiatan dan Anggaran Tahun 2018

  • Whatsapp

Sukses Universitas Negeri Padang dalam pelaporan pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran sepanjang tahun 2018 diapresiasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Dalam acara Penyampaian Hasil Pemantauan dan Evaluasi  dan Rapor Kinerja Unit Kerja Kemenristekdikti Triwulan  1 2019, yang diselenggarakan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti RI di Auditorium lantai 2 Gedung D, Jalan Jenderal Sudirman, Pintu I- Jakarta, Selasa (23/4) sore, Rektor UNP, Prof Ganefri yang diwakili Wakil Rektor 2 UNP, Syahril PhD dianugerahi sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) dengan Rapor Terbaik 1 dalam Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Tahun Anggaran 2018.

Pada acara yang dihadiri Menteri Ristekdikti, Muhammad Nasir dan pimpinan PTN Berbadan Hukum (BH), PTN BLU dan Satker, serta 14 Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) tersebut, selain UNP, Sekjen Kemenristekdikti RI, Ainun Na’im juga mencatatkan Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarta masing-masingnya juga mendapat penghargaan sebagai  Rapor Terbaik 2 dan 3.

Pada acara yang dihadiri Menteri Ristekdikti, Muhammad Nasir dan pimpinan PTN Berbadan Hukum (BH), PTN BLU dan Satker, serta 14 Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) tersebut, selain UNP, Sekjen Kemenristekdikti RI, Ainun Na’im juga mencatatkan Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarta masing-masingnya juga mendapat penghargaan sebagai ┬áRapor Terbaik 2 dan 3.

“Saya selaku Rektor UNP berterimakasih kepada pimpinan fakultas selingkungan UNP, Lembaga dan jajaran biro BPAKHM, BAK dan BUK atas intensitasnya membuat laporan kepada Kemenristekdikti, atas kerja keras itu Kemenristekdikti mengapresiasi UNP sebagai Terbaik 1 dan penghargaan ini hendaknya memicu civitas akademika dan Tendik UNP berbuat yang lebih baik,” kata Rektor UNP, Prof Ganefri via whatsAppnya, Selasa (23/4) malam.

Sebelum meraih Raport Terbaik Ke-1 kategori PTN BLU dalam pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Tahun 2018, UNP yang tahun 2016 Rangking 88 sekarang Rangking 26 dari 4400 PTN/PTS, Akreditasi institusi yang sebelumnya B sekarang sudah Akreditasi Unggul (A). Bahkan, berkat tangan dingin Prof Ganefri, tahun 2019 ini UNP berhasil  mendapat dana Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) yang tertinggi nilainya dari Kemenristekdikti dari 12 LPTK.

Ditanya mengenai implementasi visi dan misi UNP yakni menjadi salah satu universitas unggul di Asia Tenggara tahun 2020, Prof Ganefri meyakini dalam waktu tak lama lagi hal itu akan segera terwujud. 

“Asal akreditasi kelas internasional sudah terakreditasi di AUN-QA, UNP bisa selevel dengan UI, UGM, ITB dan UNAIR,” ujar Ganefri.

Selain fokus dalam mencapai berbagai indikator kinerja, dalam rencana aksi sasaran strategis, Ganefri memiliki perhatian yang tinggi terhadap peningkatan jumlah mahasiswa berwirausaha. Ganefri sengaja membuat Program Mahasiswa Wirausaha UNP 2019 yang lebih akomodatif.

“Saya tak ingin Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewiraushaan berjalan apa adanya, mesti ada terobosan,” tambah Ganefri.

Kemampuan Ganefri sebagai pimpinan Perguruan Tinggi Negeri memang bukan baru  setahun dua tahun. Lelaki parobaya yang pegiat olahraga tenis lapangan sudah menjadi pimpinan fakultas teknik (FT) UNP selama dua periode. Ganefri merupakan mantan Kepala Koordinator Kopertis Wilayah X.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *