5 Tips Mahasiswa Pemalu Agar di Hari Pertama Masuk Kuliah Mendapat Teman

  • Whatsapp
Foto : Humas UNP

Situasi dimana sulitnya mengatasi ketidaknyamanan saat masuk ke lingkungan baru dan tidak ada siapapun yang dikenal. Serta berpikir dengan keras bagaimana cara berperilaku dan berpenampilan agar di pandang baik di lingkungan barunya. Situasi itu sering dirasakan oleh kamu yang memiliki sifat pemalu. Kamu pasti sangat berfikir keras dan gugup jika di hari pertama tidak mendapat teman. Sifat pemalu adalah wajar bila tidak berlebihan dan malah menonjolkan kelemahanmu.

Sifat pemalu bisa menyebabkan kurang percaya dirinya kamu, sehingga akan menghambat kamu dalam menemukan teman baru. Kamu harus dapat mengatasi hal negative dari sikap pemalu ini. Kamu harus menjadikan sifat pemalumu itu menjadi suatu keunikan yang kamu miliki sehingga orang senang dan nyaman ketika berada di dekatmu. Menurut C Barr Taylor, seorang profesor psikologi di Stanford University mengatakan menjadi pemalu justru menjauhkan seseorang dari berbagai hal yang berdampak buruk baginya.

Pemalu merupakan sesuatu yang alami dan wajar untuk dimiliki seseorang. Pemalu bukanlah penyakit atau gangguan sosial. Jadi buat kamu yang memiliki sifat pemalu jangan minder ya. Gak seharusnya kamu yang pemalu malah mundur karena minder tapi kamu bisa menjadikan ini motivasi agar kamu dapat lebih percaya diri lagi.

Gimana kalau kamu coba 5 tips ini dijamin di hari pertama kamu akan mendapatkan banyak teman. Penasaran? Yuk langsung simak aja!

Murah senyum

Dalam lingkungan baru pasti bukan hanya kamu saja yang datang sendiri, akan ada banyak orang yang di situasi yang sama seperti kamu. So, jangan malu untuk menebarkan senyummu. Senyum membuat orang tidak segan denganmu, sehingga akan ada orang yang akan mengajakmu berkenalan duluan.

Jangan minder untuk berkenalan duluan

Berkenalanlah dengan orang yang sedang berada di dekatmu, hanya sekedar basa basi menanyakan nama dan asalnya darimana. Siapa tau dia akan merespon dengan baik dan kalian akhirnya bisa terlibat kedalam obrolan lain yang lebih menarik. Apalagi jika kalian di dalam jurusan yang sama bukankah itu akan menyenangkan. Selain itu, dengan mendapatkan satu teman dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk bersosialisasi dengan yang lain.

Nimbrung

Salah satu tips paling efektif adalah nimbrung dengan yang lain. Tak perlu sungkan karena mereka juga sedang ingin mencari teman sepertimu. Ketika kamu nimbrung kamu juga harus ikut ngobrol dengan mereka sehingga mereka juga dapat akrab denganmu. Walaupun kamu tidak pandai bicara, kamu bisa mulai menanyakan pertanyaan yang umum, seperti asal kalian dari mana, ambil jurusan apa, kenapa masuk ke kampus ini dan lainnya.

Jangan menutup diri

Malam sebelum kamu memulai aktivitas hari pertama di kampus, kamu harus bilang pada dirimu sendiri agar bisa terbuka karena pemalu bukan berarti kamu harus menutup dirimu. Mungkin kamu tidak akan seaktif yang lainnya maka setidaknya kamu harus punya niat ingin akrab dengan teman-teman yang akan kamu temui nanti.

Jadilah diri sendiri dan jangan berlebihan

Karena kamu berusaha mendapatkan teman di hari pertamamu maka kamu berusaha jadi orang lain. Misalnya, sebenarnya kamu pemalu tapi kamu malah berusaha menjadi anak yang sok asik, sehingga membuat orang lain tidak nyaman denganmu. Cukup tunjukan kalau kamu ingin akrab dengan mereka dan jadilah diri sendiri.

Kamu si pemalu harus mulai berani untuk lebih sering menyapa temanmu di kampus nanti. Pengalaman perdana masuk kampus akan jadi hal yang menyenangkan kok. Jadi jangan lupa untuk menyapa ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *