Jadi Maba? Simak 5 Kiat Berkenalan dengan Orang Baru

  • Whatsapp

Ketika baru pertama kali menjadi maba alias mahasiswa baru, dituntut untuk bisa kenal dan beradaptasi orang baru. Walaupun sulit, namun pasti kita akan berusaha terlihat baik untuk meninggalkan kesan yang postif pada seseorang yang baru saja kita temui.

Semuanya akan terlihat mudah jika kamu mengambil tindakan yang tepat seperti tips berikut, yang dilansir dari Business Insider Singapore, Sabtu (5/10/2019).

  • Memulai Pembicaraan

Sangat mudah untuk bertemu orang baru, namun kamu jika kamu ingin memberikan kesan baik kepada orang lain. Kamu tidak cukup menjadi seorang pendengar saja.
Jika kamu malu dan takut untuk mengajukan pertanyaan, mulailah dengan menceritakan pengalamanmu atau bahkan bercerita tentang hobi yang menimbulkan topik-topik baru.

  • Tetap Bersikap Rendah Hati dan Jujur

Kebanyakan seseorang bertemu dengan orang baru, namun mereka terlalu percaya diri agar bisa mencairkan suasana. Namun, hal itu kadang terlalu berlebihan sehingga kamu akan terlihat sombong.

Maka dari itu, tetaplah rendah hati dan sopan dengan orang yang baru saja kamu temui. Selanjutnya kamu juga harus tetap bersikap jujur apa adanya, jangan memaksakan bercerita hal-hal yang sebelumnya belum pernah kamu alami sebelumnya, karena kamu bisa akan terlihat bodoh di depan orang yang kamu temui.

  • Jadilah Pendengar yang Baik

Jika lawan bicaramu sedang bercerita, jadilah pendengar yang baik. Jangan sekali-kali kamu memotong pembicaraannya, karena kamu akan terlihat tidak sopan dan menyebalkan. Kalau sudah begitu, jangan harap kamu akan memberikan kesan yang baik dihadapan lawan bicaramu.

  • Tersenyum

Mungkin hal ini terdengar sederhana, namun percayalah jika kamu menampilkan raut wajah yang jutek atau cemberut, lawan bicaramu akan merasa aneh dan tidak akan memberikan kesan yang positif untuk pertama kalinya. Maka dari itu, tersenyumlah walaupun bagaimana kondisimu yang sebenarnya.

  • Pilih Topik Pembicaraan yang Tepat

Jika kamu bertemu orang baru, banyak orang menyarankan untuk tetap selalu santai dan jangan membicarakan hal-hal yang dapat memicu emosi. Jangan bicarakan hal-hal yang terdengar sensitif untuk orang lain. Kontrol sikapmu, dan tetaplah sopan disegala topic pembicaraan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *