Jangan Takut Jadi Mahasiswa Baru, Ini Tips Jalani Dunia Kampus

  • Whatsapp

Menyandang gelar mahasiswa merupakan impian bagi siswa-siswi yang baru lulus SMA. Dunia baru yang ditawarkan perkuliahan menjadi sebuah hal yang terlihat menarik. Namun, tidak semua mahasiswa memiliki kepercayaan diri tinggi, ada saja hal yang menjadi momok menakutkan sehingga mahasiswa baru pun cenderung menjadi introvert atau tak pandai bergaul di kampus.

Padahal untuk menjalani dunia kampus dengan baik, diperlukan kepercayaan diri dan lingkungan yang baik serta menyenangkan sehingga kamu bisa menjalankan berbagai aktivitas kampus.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Tips berikut ini bisa membantu kamu untuk menjalani dunia kampus dengan menyenangkan:

1. Jadilah Orang yang Pandai Berteman

Ketika baru masuk kuliah ada masa perkenalan kampus atau ospek. Pada masa ini memang kamu akan sedikit di persulit oleh senior. Namun,  di sini juga senior secara tidak langsung memperkenalkan kamu dengan teman-teman baru dan lingkungan kampus. Jadi, jaga sikap dan pintarlah dalam memilih teman.

2. Perluas Lingkup Pertemanan Kamu

Jika kamu sudah melewati masa ospek, jangan puas jika hanya mendapatkan teman grup atau teman yang pertama kamu jumpai. Coba untuk mencari pertemanan yang luas, mungkin seperti mencari teman senior atau dari mahasiswa yang beda jurusan. Ini sangat bermanfat untuk memperbanyak relasi kamu ke depannya.

3. Jangan Terbawa Arus Dunia Kampus

Dunai kampus terkenal dengan kebebasan tingkat tinggi. Keputusan dalam memilih langkah kamu diuji di sini. Jika sekali salah langkah dampaknya bisa mengganggu perkuliahan kamu. Maka, coba untuk memilih pergaulan selama berada di kampus, sortir mana yang bagus atau tidak untuk masa depan kamu.

4. Jadi Pribadi Yang lebih Irit

Menjadi mahasiswa akan membuat kamu mengeluarkan banyak biaya selama masa perkuliahan. Maka dari itu, berhemat bisa menjadi pilihan agar kamu tetap bisa bertahan, terutama bagi kamu yang notabenenya adalah anak kos. Hidup irit itu perlu.

5. Jadi Pribadi Yang Lebih Mandiri

Saat menjadi mahasiwa kamu juga dituntut untuk menjadi lebih mandiri karena kamu akan melakukan aktivitas harian sendiri. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa baru, ini baiuk untuk menjadi mandiri sejak awal, jadi ketika menjadi mahasiswa tingkat akhir, kamu tidak kaget lagi jika di tuntut serba mandiri.

Itu beberapa tips untuk kamu yang saat ini menjadi mahasiswa baru. Kamu akan merasakan suasana baru, lingkuangan baru, teman baru dan banyak lagi. Jadi sipakan dirimu. Tapi tetap di ingat, kuliah bukan hanya temapt untuk mencari suasana baru, tapi juga mengharuskan kamu mensetting masa depan kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *